Jumat, 03 November 2023

ADA JALAN SOEKARNO DI RABAT- MAROKO

 Catatan Rihlah

Hari Kamis 2 Nopember, dari kota Casablanca di Maroko saya mengunjungi Ibu Kota Maroko Bernama Rabat yang ditempuh 1 jam 15 ment. Di sini saya mengunjungi satu jalan yang diberi nama Sukarno. Nama yang tertera di papan petunjuk adalah “Avenue Soukarno”.
Jalan Avenua Soukarno, yang merupakan penghubung ibu kota, diresmikan pada 2 Mei 1960 oleh sang Proklamator RI sendiri.
Bagaimana dengan di Indonesia? Di sini, tepatnya Ibu Kota DKI Jakarta, terdapat jalan besar yang merepresentasikan kehadiran Maroko: Jalan Casablanca.
Jalan Casablanca yang berlokasi di Jakarta Selatan mengambil nama satu kota besar di Maroko, Kota Casablanca. Kota tersebut juga merupakan sister city (kota kembar) Jakarta.
Berbalas nama ini merupakan simbol dari eratnya persahabatan Maroko dan Indonesia sedari lama. Hubungan diplomatik kedua negara tercipta sejak 61 tahun yang lalu.
Kunjungan Sukarno di Kota Rabat, Maroko, pada 2 Mei 1960 disambut baik oleh Raja Maroko saat itu, Mohammed V.
Dalam kunjungan tersebut, Raja Mohammed V berharap kedatangan Sukarno dapat membawa kontribusi positif terhadap kerja sama negara-negara Asia dan Afrika.
Sebagai inisiator dari Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955, Sukarno berhasil membangunkan kesadaran dan semangat komunitas dunia, termasuk rakyat Maroko, untuk membebaskan diri dari kolonialisme.
Tak hanya itu, Sukarno dipandang sebagai pahlawan gerakan kemerdekaan di dunia negara-negara Islam, serta pemimpin dalam perlawanan terhadap kolonialisme.
Karenanya, nama sang Presiden pertama Indonesia menjadi simbol atas dasar hubungan baik kedua negara berpenduduk mayoritas Muslim ini.
Sedangkan penganugerahan nama “Casablanca” sebagai nama jalan di Jakarta terlaksana pada 1991. Saat itu, hubungan Jakarta dan Casablanca resmi terjalin sebagai sister city.

Tidak ada komentar: