Senin, 27 November 2023

Jika Ke Eropa, Siapkan Bekal Kuliner Halal

 Catatan Rihlah

Mie Korea di Spanyol berlogo MUI
Ini pengalaman pertama saya ke Eropa, tepatnya ke Spanyol. Betapa sulit atau setidaknya ragu untuk makan di restoran yang ada di Spanyol. Mungkin menunya nampak halal, namun bagaimana cara mereka menyembelih misalnya ayam atau sapi? Belum lagi minyaknya?
Keraguan akan makanan yang tidak halal bukan hanya saat akan makan di restorant di Spanyol saja, bahkan untuk membeli roti atau snack dengan rasa gurih atau manis saja, saya masih meragukan kehalalannya. Saya khawatir mengandung minyak babi atau kandungan haram lainnya.
Coklat Spanyol Berlabel HALAL

Alhamdulillah, kondisi ini sudah saya antisipasi sebelum berangkat ke Spanyol. Istri saya membeli dan membawa Mini Rice Cooker serta menyiapkan abon, mi instans, kecap bahkan menyiapkan ikan teri kacang dan sambel terasi asli dan sambel dalam bentuk sachetan.
Meski demikian, saat berjalan-jalan, kami menemukan di suatu mini market di Spanyol Mie instans produk KOREA yang dijual di SPANYOL tapi berlabel Halal dari MUI- INDONESIA..hehe.. Tiga negara ada dalam satu kemasan makanan ini. Kami juga menemukan makanan berupa coklat produk Spanyol yang mungkin beredar juga di Eropa (karena ada lambang Uni Eropa), namun ia berlabel Halal. Rupanya coklat ini juga diekspor ke Maroko yang penduduknya mayoritas muslim.
Nah, jadi bagi umat Islam, terutama kyai dan ustad, yang akan mengunjungi jejak sejarah Islam yang terdapat di Sevilla, Granada, Cordova, Toledo dan lainnya di Spanyo, persiapkan kuliner halal dari tanah air, supaya kita yakin akan kehalalan makanan yang kita konsumsi. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: