Jumat, 11 Mei 2012

Mukjizat Wudhu

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki “ (QS. Al-Maidah; 6)
 Wudhu adalah akrifitas rutin yang dilakukan seorang Muslim yang taat kepada ajaran agamanya. Dalam sehari-semalam, tidak kurang berwudhu sebanyak lima kali seperti  halnya melaksanakan shalat lima waktu. Boleh jadi berwudu lebih dari lima kali dalam sehari semalam, sebab jika seorang akan melaksanakan shalat dhuha, tahajjud atau memegang alQuran untuk dibaca, maka dia harus berwudhu terlebih dahulu. Ada pula orang yang sengaja berwudhu hanya ingin menjaga kesucian diri. Bagi orang ini, setiap kali terasa batal wuduhunya, ia segera berwudhu kembali agar dalam aktifitasnya selalu dalam keadaan suci, baik dalam shalat atau pun di dalam shalat. Bahkan saat sebelum tidur pun, ia berwudhu agar ia tidur dalam keadaan telah bersuci. Orang seperti ini ingin mendapat kecintaan dari Allah swt, karena Allah swt mencintai orang-orang yang mennyucikian dirinya. Sebagaimana firman Allah swt, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan dirinya” (QS. Al-Baqarah: 222).

Kenapa kita dianjurkan untuk berwudhu? Karena dalam wudhu ada beberapa manfaat, baik manfaat lahiriyah maupun manfaat batiniyah (ruhiyah), Adapun manfaat ruhiyah antara lain:

1. Diampuninya dosa-dosa. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, maka semua dosa keluar dari jasadnya, hingga dari ujung kuku-kukunya.” (HR; Muslim)

2. Wajah, tangan dan kaki orang yang berwudhu akan bercahaya. Rasulullah saw bersabda, “Sungguh, umatku akan dipanggil  pada hari Kiamat dalam keadaan bercahaya di sekitar wajah, tangan dan kaki karena bekas wudhu” (HR: Bukhori Muslim)

3. Diangkatnya derajat/kewibawaan. Rasulullah saw bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang menyebabkan Allah menghapus dosa dan meninggikan derajat kalian?” Para Sahabat menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah”. Rasululah saw bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada hal-hal yang tidak disukai” (seperti pada saat cuaca dingin) (HR: Muslim)

4. Dibukakan pintu surga. Rasulullah saw bersabda, “Tidak seorang pun di antara kalian yang berwudhu dengan sempurna, lalu mengucapkan “Asyhadu alla ilaaha illahu wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluhu” kecuali dia dibukakan delapan pintu surga. Dia bisa masuk dari mana pun dia suka.” (HR: Muslimk)

Dan  masih banyak lagi hadits-hadits yang menjelaskan manfaat wudhu dari sisi ruhiyah (spritual).

Sedangkan manfaat wudhu dari sisi lahiryiah pun tidak kalah pentingnya. Antara lain:

1. Ketenangan jiwa. Orang yang berdosa akan terasa jiwanya tidak tentram. Dan tatkala ia berwudhu sehingga dosa-dosanya akan terhapus maka hal ini akan menimbulkan ketenangan jiwa. Ketenangan jiwa ini akan mempengaruhi fungsi otak dan peredaran darah, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Kulit akan selalu bersih. Karena wajah, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian. Sehingga ia lebih sering tersengat sinar matahari secara langsung. Selain itu tiga bagian tubuh itu paling rentan terkena kotoran dan debu karena tidak tertutup pakaian. Oleh sebab itu, wudhu dapat membersihkan kotoran yang menempel pada tiga bagian tubuh wudhu tersebut. Dengan bersihnya kulit pada ketiga bagian anggota tubuh itu, maka akan terhindar dari kanker kulit.

3. Berpenampilan fresh (segar) dan menggairahkan aktifitas. Sebab saat wajah dibasuh dengan air wudhu, maka penampilan pun akan terlihat  fresh dan segar.. Selain itu wudhu juga dapat menyegarkan sel-sel tubuh sehingga dapat menggairahkan tubuh untuk beraktifitas. Di Prancis telah dilakukan penelitian tentang seberapa besar produktifitas para pekerja di sebuah pabrik/perusahaan. Ternyata, pekerja muslim lebih tinggi produktifitasnya dibanding pekerja non muslim, karena pekerja muslim saat istirahat siang mereka berwudhu dan melaksanakan shalat, sehingga hal ini melahirkan semangat kembali setelah setengah hari lelah bekerja.

4. Berkumur saat berwudhu dapat membersihkan gigi dan mulut dari bakteri-bakteri. Selain itu, berwudhu pun dapat mencegah bau mulut.

5. Memasukkan air ke dalam hidung saat berwudhu dapat menjaga kebersihan lubang hidung, sehingga bakteri yang masuk ke dalam hidung dapat dibersihkan. Memasukkan air ke dalam hidung pun dapat mengindari diri dari penyakit polip. Selain itu, dengan mubalaghoh (menyempurnakan) berkumur dan memasukkan air ke dalam hidung akan mencegah mudahnya terjangkit penyakit influlenza. Karena penyakit flu banyak diakibatkan masuknya virus melalui jalur hidung dan mulut.

6. Mengusap kepala dengan air saat berwudhu dapat membersihkan rambut dan kulit rambu dari kotoran dan bakteri yang menempelnya. Selain itu, penampilan rambut pun terlihat lebih fresh dan terhindar dari pemandangan kusam. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah saw agar kita merawat rambut. Sabda Rasulullah saw, “ Barangsiapa yang memilki rambut, hendaklah ia menghirmatinya (merapikannya)” (HR: Abu Daud).

Dan masih banyak lagi rahasia dan mukjizat wudhu. )I(


Tidak ada komentar: