Jumat, 31 Mei 2024

Haji Adalah Training Mati Dengan Bekal "Two Key Words of Life"

H. Ahmad Multazam direktur PT. Malika serahkan bendera
Kebarangkatan Jamaah Haji Khusus PT. Malika Tour & Travel dtandai dengan acara Pelepasan Jamaah Haji di hotel Azana, Jakarta Barat, Ahad 24 Mei 2024. Hadir dan memberi sambutan Direktur PT. Malika Tour and Travel H. Ahmad Multazam, SE. Beliau juga menyerahkan amanah secara simbolis berupa bendera Malika kepada KH. Muhammad Jamhuri sebegai Amirul Haji Malika (Ketua Rombongan Jamaah Haji Malika 2024).

Sementara itu, KH. Muhammad Jamhuri sebelum keberangkatan memberi tausiyah singkat sebagai berikut:

KH. M. Jamhuri sebagai Amirul Hajj Malika memberi arahan
“Haji itu Training Mati, Menurut sebauah dikatakan bahwa jika seseorang mati atau meninggal dunia maka akan ikut  bersamanya tiga hal. Namun  dari tigal itu cuma ada dua hal akan kembali pulang, dan satu hal  saja yang akan ikut serta bersama sang mayit ke dalam kuburan. 

Dua hal yang mengantar mayit dan akan kembali adalah keluarga yang mengantar ke kuburan, dan harta (kendaraan) yang ikut mengantar para pelayat. Keduanya akan kembali lagi ke rumahnya. Sedangkan satu hal yang akan ikut bersama jenazah di dalam kuburan, ia adalah amal. 

Maka mirip dengan ibadah haji. Hari ini kita di antar oleh keluarga dan kendaraan kita di hotel Bandara ini, namun saat kita berangkat ke Tanah Suci, mereka semua akan kembali ke rumahnya masing-masing . Dan tinggal hanya jamaah haji dengan amalnya yang akan dilaporkan di Tanah Suci.”.  Demikian arahan Muhammad Jamhuri saat acara Pelepasan Jamaah Haji Malika thn 2024 di hotel Azana Style Life, dekat Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Ahad 26 Mei 2024

Pada bagian lain, Muhammad Jamhuri menyampaikan bahwa Hidup itu hanya menghadapi dua hal:

  1. Pertama, kita menghadapi hal yang kita senangi dan inginkan.
  2. Kedua, kita menghadapi hal yang kita tidak senangi dan tidak diingankan

Cuma itu.

Dan dua kata kunci untuk menghadapinya pun hanya dua, yaitu SYUKUR dan SABAR

Kondisi pertama, kita hadapi dengan syukur, dan kondisi kedua kita hadapi dengan sabar. Sabda Nabi saw: “Aku heran mengapa semua urusan orang muslim itu selalu baik. Jika ia mendapat nikmat lalu bersyukur maka itu kebaikan baginya. Dan Jika dia mendapat hal yang tidak diinginkan (keburukan) lalu ia bersabar, maka itupun kebaikan baginya". (al hadist)

Dalam ibadah haji pun akan kita temukan dua hal itu, dan cara menyikapinya pun dengan dua hal juga, maka insya Allah haji kita menjadi haji mabrur.”

Demikian disampaikan saat acara Pelepasan Jamaah Haji PT. Malika Ahad 26 Mei 2024 lalu di hotel Azana Life Style Jakarta


Tidak ada komentar: