Senin, 03 Juli 2023

Mahkota-nya Dia Relakan Terlepas: Keutamaan Cukur Gundul Ketimbang Memendekkan Rambut

dr. Wid dengan rambut gondrong
Namanya Dr. Widya Sista Prima dipangggil dokter wiwit. Sejak kecil belum pernah cukur gundul. Bahkan ia pelihara hingga rambutnya seperti dalam gambar kiri. “Dulu sejak kecil, ayah saya melarang menggundul kepala saya.” Kisahnya.

Tahun ini ia berhaji sebagai Petugas kesehatan di rombongan jamaah haji PT. Malika. Saya memprovokasi nya agar saat tahallul haji nanti rambutnya dicukur pelontos, karena jamaah haji yang cukurnya pelontos (muhalliqiina ru’usahum) didoakan nabi 3 x lebih dari pada cukur stik (muqosshirin). Ia pun bertekad memplontos kepalanya, bahkan bernadzar, kali ini, di haji ini, akan mencukur habis rambut kepalanya.
Dan benar, tepat setelah melontar jumroh Aqobah,?kami tidak kembali ke kemah tapi langsung menuju Barber Shop di Mina,. Dengan biaya cukur SR.35 rambut kami pun hilang..

لتدخلن المسجد الحرام ان شاء الله آمنين محلقين رؤوسكم ومقصرين لا تخافون
dr. Wid setelah tahallul botak gundul
Kamu akan masuk Masjidil Haram dengan damai insya Allah sambil mencukur dan memotong rambut kamu
Keutamaan Cukur Gundul Ketimbang Memendekkan Rambut Saat Tahallul.
عن عبد الله بن عُمر رضي الله عنهما عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: «اللَّهُمَّ ارحم الْمُحَلِّقِينَ. قالوا: والْمُقَصِّرِينَ يا رسول الله؟ قال: اللهم ارحم الْمُحَلِّقِينَ. قالوا: والْمُقَصِّرِينَ يا رسول الله؟ قال: اللهم ارحم الْمُحَلِّقِينَ. قالوا: والْمُقَصِّرِينَ يا رسول الله؟ قال: والْمُقَصِّرِينَ».
[صحيح] - [متفق عليه]
Dari Abdullah bin Umar -raḍiyallāhu 'anhumā- dari Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bahwa beliau bersabda, "Ya Allah! Rahmatilah orang-orang yang mencukur (menggundul rambutnya). Mereka berkata, "Dan yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?" Beliau mengucapkan, "Ya Allah! Rahmatilah orang-orang yang mencukur gundul." Mereka berkata lagi, "Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?" Beliau mengucapkan, "Ya Allah! Rahmatilah orang-orang yang mencukur. Gundul" Mereka berkata lagi, "Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya, wahai Rasulullah?" Beliau mengucapkan, "Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya." (Muttafaqun 'Alaih).
Gambar:
Kiri: Dr. Wiwiit sebelum dicukur berkacamata. Kanan: setelah dicukur

Tidak ada komentar: