Selasa, 14 November 2023

Berziarah ke Makam Syaikh Darros bin Ismail di Fes, Ulama Pembawa Madzhab Maliki ke Maroko

Makam Sidi Darros bin Ismail di Fes - Maroko
Dia adalah Syekh Abu Maimouna Darras bin Ismail, dimakamkan di luar Bab al-Futuh di Mahrousa, Fez. Dia – semoga Tuhan mengasihaninya – adalah salah seorang yang maju pada masanya dan terkenal keutamaannya, masjidnya terletak di Fez, dan dikenal dengan masjid Andalus sampai sekarang, beliau hidup di masa kekuasaan Idrisiyah akhir...

 Muhammad bin Jafar al-Kattani berkata dalam karyanya “Salwat al-Anfas”: Daras bin Ismail, adalah ulama Fez pada masanya, dia juga seorang syekh ulama terkemuka, dan salah satu pilar Maroko. Beliau yang  memperkenalkan dan menyebarkan doktrin Madzhab Maliki ke wilayah Maroko, dan menjadi dominan di masa lalu, dengan madzhab Kufah. Qodhi Iyyad mengatakan dalam “Al-Madarik” : saya kira beliau termasuk bagian daerah kita: yaita Ceut (Sabtah)””

Al-Jizna'i mengatakan bahwa ulama ini diberi nama “Daras” karena ilmunya yang luas, Dia belajar dari para syekh di negaranya dan di Afrika dari Abu Bakr al-Labbad, dan dia belajar ilmu di Alexandria dari Ali bin Abi Matar tentang kitab tersebut. dari Ibnu al-Mawaz, dan dia meriwayatkannya di Kairouan. Seorang Ulama Maliki pada masanya, Abu al-Hasan al-Qabsi, pernah mendengarnya darinya, dan dia juga masuk studi di Andalusia, maka dia mendengar Dari Abu Al-Faraj Abdus bin Khalaf..

Perjumpaan Darras bin Ismail dengan para ulama pada masanya, mengambil dan mengajar, membuktikan betapa luasnya ilmu dan penguasaan budaya pada masanya, bahkan peranannya yang sangat penting dalam menyebarkan madzhab Maliki di dunia, dimana  Maroko pada saat  itu terjadi ketegangan sektarian dalam kodsi paling parah di Barat Islam, ketika dinasti Idrisiyah menjelang kejatuhannya  dan emirat Zenati bersiap untuk memecah belah negara yang lemah dan memburuk, secara politik dan budaya.

Tidak ada komentar: