Rabu, 15 November 2023

Mengunjungi Masjid Koutoubia di Marakesh – Maroko : Tidak Ada Dampak Gempa yang Signifikan

Catatan Rihlah

Masjid Al-Koutoubia di Marakesh Maroko
Meski terjadi gempa di Marakesh pada September 2023 lalu, dan menara Masjid Koutoubia terguncang akibat gempa, namun kondisi menara tetap berdiri meskipun mengalami beberapa kerusakan.

Demikian juga kedatangan para turis ke tempat ini, kami lihat para turis begitu banyak dan terlihat di setiap sudut daerah al-Koutoubia-Marakesh ini. 

Pada saat kami akan mamasuki masjid tersebut untuk melaksanakan shalat Ashar, kami tidak dapat memasukinya karena menurut info warga sekitar, masjid belum dapat digunakan sebab masih dalam perbaikan bagian dalamnya. Kami tiba di sana tepat saat memasuki waktu Ashar hari Ahad 12 Nopember 2023. Akhirnya kami shalat di masjid lain dekat pasar dan tidak terlalu jauh dari masjid Koutoubia dan area pasar.

Para turis tetap ramai pasca gempa
"Masjid Koutoubia yang bersejarah di Marrakesh, Maroko, tidak runtuh meskipun bangunan di dekatnya runtuh setelah gempa bumi di Maroko," tulis sebuah akun.

Masjid Koutoubia merupakan masjid bersejarah di Kota Marrakesh, Maroko. Masjid ini dibangun sejak abad ke-12, tepatnya tahun 1150, di lokasi masjid sebelumnya yang hancur akibat gempa bumi tahun 1147.

Pada awalnya, masjid ini diberi nama Jama' al-Koutoubiyyin yang berarti 'Masijd Penjual Buku' karena letaknya yang berdekatan dengan pasar buku. Kemudian, namanya diganti menjadi Koutoubia yang berarti 'penjual buku' dalam bahasa Arab.

Masjid Koutoubia dibangun dengan batu pasir merah. Desainnya dirancang oleh arsitek ternama Abu Yusuf Yaqub al-Mansur yang menggabungkan kombinasi unik antara gaya arsitektur Islam dan Andalusia. Menara masjid setinggi 77 meter yang dijuluki 'roof of Marrakech' ini dihiasi ukiran rumit dan diberi atap dengan bola dunia dari tembaga (kini emas) dan bulan sabit.

Masjid Koutoubia merupakan simbol penting bagi masyarakat Marrakesh dan menjadi simbol kekayaan sejarah dan budaya kota ini. Masjid ini juga menjadi destinasi wisata populer karena keindahan dan kemegahannya. Tak hanya menjadi tempat beribadah dan upacara keagamaan, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat belajar karena memiliki perpustakaan dengan buku-buku tentang studi islam dan topik lainnya.

 

Tidak ada komentar: