Sabtu, 11 November 2023

Jadi RMCF (Real Madrid Club Fans) Sehari

Stadion Club Real Madrid - Spanyol
Catatan Rihlah

Kamis, 9 Nopember 2023

Datang ke Spanyol, tidak ketinggalan diajak anak ke markas Club Sepak Bola Real Madrid di Stadion Clubnya di Madrid. Gak nyangka, walau pun seorang putri hampir hafal para pemain sepak bola dunia.


Memang generasi milenial serba tahu apa yang sedang hit. Kadang saya gak nyambung apa yang anak-anak yang obrolkan. Kirain tentang sejarah, ternyata tentang persepakbolaan. Itulah bedanya mereka sebagai generasi milenial dengan saya sebagai generasi kolonial.
Real Madrid Fans Store
Tapi meski anak-anak pegang TIM REAL MADRID (SPANYOL), saya tetap pake baju TIM MAROKO. Soalnya Piala Dunia di Qatar kemarin, Maroko menjadi buah bibir dunia. Selain Maroko negara muslim, disana juga terdapat makam-makam Wali Pitu (7 wali/Sab’ah Rijal). Juga para ulama dan pejuang lahir dari sana. Sebut saja Ibnu Bathuhah yang sekelas dengan Marcopolo tokoh penjelajah dunia. Ada juga Penulis Dalail Khoirot dan Ibnu al-Jurumi (penulis kitab Jurumiyah).

T-Shirt Kesebelasan Maroko

Walau melalui sepak bola, Maroko telah menunjukkan suksesnya mengenalkan fenomena pemeluk Islam kepada dunia. Seperti sayang dan cintanya para pemainnya kepada ibunya. Sebagaimana suksesnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Sepak Bola Dunia yg ketat melarang simbol-simbol LGBT

Tidak ada komentar: