Senin, 06 November 2023

MENYEBERANGI SELAT GIBRALTAR MENUJU SPANYOL

 

Catatan Rihlah

 Ahad, 5 Nopember 2023, jam 11.00 kami menuju Pelabuhan Tanger - Maroko untuk menyeberangi selat Gibraltar menuju Spanyol. Dengan menggunakan Ferry kami berangkat pukul 13.00 dari Tanger dan tiba pelabuhan Tarifa - Spanyol.

 


Sepanjang penyebrangan, mulut saya hanya bisa komat kamit mendoakan para syuhada yang pernah menyebrangi selat ini dalam menaklukkan Spanyol dipimpin oleh panglima muslim yang dikenal dengan Thariq bin Ziyad.

 Disebuah bukit yang disebut Jabal Thariq beliau berpidato menyemangati tentaranya setelah merusak kapal2 nya agar pasukanyya tidak kembali pulang. Beliau berkata, “Wahai manusia ! Kemana kalian akan lari? Jika kalian kembali maka kalian akan mati tenggelam sia-sia. Namun jika kalian terus maju, maka kalian akan mati syahid atau mendapat kemenangan”

 Akhirnya pasukan muslim mendapat kemenangan meski pasukan muslim tidak sebanding dengan pasukan musuh. Dan Islam pernah berjaya dan meninggalkan perdaban tinggi di sana selama 7 abad.

Selat ini dinamakan GIBRALTAR diambil dari kata berbahasa Arab JABAL TARIK (bin ziyad) sang panglima muslimm penakluk Spanyol

 

Tidak ada komentar: