Jumat, 03 November 2023

HASAN II TOWER DAN MAKAM RAJA MUHAMMAD V DI RABAT

 Catatam Rihlah

Di Rabat, Kamis 2 Nopember 2023, kami mengunjungi Menara Hassan (Hasan II Tower). Menara ini dibangun mulai tahun 1191 oleh Abu Yusuf Yaqub al-Mansur, Khalifah ketiga dari Kekhalifahan Almohad (Muwahidun). Namun tidak selesai, menara ini dimaksudkan untuk menjadi menara terbesar di dunia, dan masjid juga akan menjadi yang terbesar di dunia. Ketika al-Mansur meninggal tahun 1199, pembangunan masjid terhenti, menara dibiarkan berdiri di ketinggian 44 meter. Bagian masjid lain nya juga terbengkalai dengan beberapa dinding dan 348 kolom.
Meskipun menara dan masjid tersebut dibangun oleh Abu Yusuf Yaqub al-Mansur, monumen tersebut dikenal sebagai Menara “Hassan” atau Masjid al-Hassan. Bagaimana monumen itu diberi nama ini tidak diketahui, meskipun penggunaan nama itu dibuktikan sejak abad ke-13.

Al-Mansur telah membuat keputusan untuk membangun ibu kota kekaisaran berbenteng baru, yang disebut al-Mahdiyya atau Ribat al-Fath, di tempat yang sekarang menjadi kota Rabat, dengan tembok baru yang membentang di area yang luas di luarnya.
Yaqub al-Mansur melakukan pekerjaan lain di Rabat, terutama pembangunan tembok dan gerbang kota baru serta penambahan Kasbah Udaya. Terlepas dari semua pekerjaan dan biaya ini, ibu kota Almohad tetap berada di Marrakesh dan tidak pernah benar-benar dipindahkan ke Rabat.

Setelah kematian Yaqub al-Mansur pada tahun 1199 masjid dan ibu kota baru tetap belum selesai dan penerusnya kekurangan sumber daya dan keinginan untuk menyelesaikannya. Hampir semua bahan yang tertinggal diambil dari lokasi untuk digunakan dalam konstruksi di tempat lain. Masjid ini mengalami beberapa kerusakan pada Gempa Lisboa tahun 1755.
Pada abad ke-20, para arkeolog kolonial Prancis dan Maroko menggali situs tersebut dan dengan hati-hati merekonstruksi apa yang tersisa. Pada tahun 1960-an situs reruntuhan masjid diubah untuk mengakomodasi pembangunan Mausoleum Mohammed V. Makam dan masjid modern dirancang oleh arsitek Vietnam Cong Vo Toan dan selesai pada tahun 1971. Menara dan situs masjid diberikan Status Warisan Dunia pada tahun 2012 sebagai bagian dari situs yang lebih besar yang mencakup Rabat yang bersejarah.
Masjid ini ditempatkan secara strategis di tepi selatan sungai Bu Regreg yang tinggi untuk memberikan tontonan mengesankan yang terlihat dari jarak bermil-mil. Karena daerah sekitarnya adalah pinggiran kota pada saat pembangunan dan kekurangan penduduk untuk memenuhi masjid secara teratur, sejarawan telah dituntun untuk percaya bahwa itu dimaksudkan untuk melayani pasukan Almohad yang berkumpul di sini sebelum memulai kampanye dan bahkan mungkin untuk melayani dua kali lipat tugas sebagai tempat ibadah dan sebagai benteng.

MAKAM RAJA MUHAMMAD V di RABAT
Masih di Kota Rabat, Kamis 2 Nopember 2023, kami mengunjungi Mausoleum atau Makam Muhammad V yakni sebuah makam kerajaan yang terletak di Rabat, ibukota Maroko. Terletak di lapangan terbuka Menara Hassan II (Hasan II Tower) dan menjorok ke muara sungai Bouregreg. Di sini terdapat makam Raja Muhammad V, mantan Sultan Sidi Mohammed ben Youssef dan putra-putranya, Pangeran Moulay Abdallah dan Raja Hassan II.
Dirancang oleh arsitek Vietnam, Eric Vo Toan, dibangun antara 1961 dan 1971, 10 tahun kerja di mana 400 pengrajin Maroko berkolaborasi. Bangunan ini ditandai dengan arsitektur Maroko klasiknya. Sejak 2012, tempat ini telah menjadi bagian dari semua situs Rabat yang terdaftar di Situs Warisan Budaya UNESCO sebagai properti budaya.

Rabat, 2 Nop 2023

Tidak ada komentar: